-------------------------------------------

Minat menjadi Agen? Daftar di sini.

Hepatitis

Hepatitis merupakan suatu proses peradangan pada jaringan hati. Hepatitis dalam bahasa awam sering juga disebut istilah lever atau sakit kuning. Peradangan hati dapat disebabkan oleh infeksi berbagai mikroorganisme seperti virus, bakteri dan protozoa. Namun pada umumnya disebabkan oleh virus (virus hepatitis).
Radang hati juga dapat terjadi akibat bahan-bahan kimia yang meracuni hati, obat-obatan, dan alkohol, yang disebut juga dengan hepatitis non-virus. Hepatitis akibat obat-obatan hanya menyerang orang yang sensitif. Hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus menyebabkan sel-sel hati mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya, sel-sel hati dapat tumbuh kembali dengan sisa sedikit kerusakan, tetapi penyembuhannya memerlukan waktu berbulan-bulan dengan diet dan istirahat yang baik. Hepatitis virus dibagi menjadi 5 berdasarkan jenis virus penyebabnya, yaitu: virus hepatitis A (VHA), B (VHB), C (VHC), D (VHD), dan E (VHE), Hepatitis akibat virus dapat menjadi kronis dan berlanjut menjadi sirosis hati dan kanker hati.
Penyakit hati termasuk diantaranya Hepatitis B dan C merupakan penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia. Penyakit hati masih merupakan masalah besar dalam kesehatan masyarakat melihat besarnya jumlah penduduk yang terinfeksi terutama pada usia produktif, yang dapat menyebabkan penyakit hati kronik meliputi hepatitis kronik, pengerasan hati (sirosis) dan kanker hati. Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh atau kontak dengan darah dari orang yang terinfeks
Hepatitis B clan C. Penularan biasanya terjadi melalui beberapa cara antara lain: penularan dari ibu ke bayi saat melahirkan, hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik, maupun penggunaan alat kebersihan diri (sikat gigi, handuk) secara bersama-sama.

Ciri-ciri terserang hepatitis
Gejala-gejala
a. Demam ringan
b. Rasa letih
c. Hilang nafsu makan
d. Mual sampai muntah
e. Rasa tidak enak / sakit pada perut
f. Kadang-kadang disertai nyeri sendi nyeri dan bengkak pada perut kanan atas.

Gejala setelah 1 minggu
a. Air seni berwarna tua (seperti teh)
b. Feses bcrwarna hitam kemerahan
c. Mata bagian putih berwarna kuning
d. Kulit tubuh tampak kuning.

Cara kerja klorofil
Klorofil membersihkan toksin termasuk virus, baktori, protozoa dan residu obat yang menyebabkan peradangan hati, Kemampuan klorofil sebagai zat anti peradangan membantu proses penyembuhan hepatitis dengan meredakan peradangan dan menurunkan panas tubuh. Potensi klorofil dalam melindungl organ hati akan meringankan kerja organ dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Berdasarkan penelitian Okuda dkk. (1975), Sakuno (1978) serta Wang dkk. (1981) menunjukkan bahwa klorofil dapat meningkatkan fungsi organ hati dalam fungsinya untuk mengeluarkan kolesterol dari darah ke empedu.